Saat Lemparan Bola Memantul ke Arahmu



Kehidupan yang kita jalani ibaratnya seperti melempar bola ke dinding. Kita amati yuk bagaimana reaksi pantulan bola tersebut.

Cobalah kamu melempar bola ke dinding, bola pasti berbalik ke arahmu. Lakukan berulang-ulang. Dan berulang-ulang pula bola itu memantul.  Jika kamu melempar bola dengan kuat, bola akan berbalik kepadamu dengan pantuan kuat, jika kamu melempar bola dengan lemah dan ngasal, bola akan berbalik kepadamu dengan pantulan lemah dan ngasal  dan mungkin tidak bisa ditangkap olehmu, memantul dengan lemah, jatuh dan menggelinding saja. Berapa kuat pantulan bola, berapa cepat atau lambat  bola berbalik kepadamu, nah itu yang susah diukur karena banyak variabelnya. Tapi yang pasti bola akan memantul lalu berbalik arah.

Ilmu pengetahuan  mengatakan itulah Hukum Aksi Reaksi, Islam mengatakan itulah Sunnatullah . Sunatullah adalah ketentuan-ketentuan, hukum-hukum, atau ketetapan-ketetapan Allah SWT yang otomatis berlaku di alam semesta. (Ensiklopedi Islam Jilid IV).

Sunnatullah lemparan-pantulan bola juga terjadi dalam hal melakukan kebaikan atau keburukan yang kita lakukan, pasti dampaknya akan berbalik lagi kepada kita.  Seperti ditegaskan oleh Allah dalam firmanNya  : “Barang siapa yang mengerjakan amal yang saleh maka (pahalanya) untuk dirinya sendiri dan barang siapa yang berbuat jahat maka (dosanya) atas dirinya sendiri; dan sekali-kali tidaklah Tuhanmu menganiaya hamba-hamba (Nya).( Al-Fushshilat:46)

Jangan harap Allah SWT akan banyak memberi kemudahan jika kita sering mempersulit orang. 
Jangan gusar dengan kejahatan yang orang lain lakukan pada   kita, karena ujung kejahatan itu akan berbalik padanya.

Lemparan Bola Seringkali Tak Langsung Memantul ke Arahmu

Apabila saat ini kita mampu melakukan kebaikan bersyukurlah karena kita mempunyai orangtua yang mengajarkan dan mencontohkanmu melakukan kebaikan, dan itu disebabkan karena mereka pernah diajarkan dan  diperlakukan dengan baik oleh kakek dan nenek kita. 

Keberuntungan dan kebaikan yang kita dapatkan hari ini bisa jadi adalah pantulan kebaikan yang pernah orangtua atau nenek-kakek pernah lakukan atau dari pantulan kebaikan yang pernah kita lakukan pada oranglain dan kamu tak pernah menyadarinya. Inilah hidup. Bola yang dilemparkan bisa jadi tak langsung berbalik arah kepadamu tapi harus melewati beberapa rintangan atau tertahan entah dimana untuk kemudian berbalik lagi kepadamu. Semuanya bisa terjadi atas kehendak Allah swt. 

Jangan menunggu-nunggu pantulan kebaikanmu, lupakanlah ! Yang penting kamu sudah melakukannya, karena kamu tak pernah tahu apakah berbalik langsung kearahmu atau akan kembali kepada orangtua, anak atau cucu kelak dikemudian hari. 

Semoga Allah melimpahkan rahmatnya untuk kita hingga menjadikan kita agen kebaikan yang komitmen mengusung kebenaran.

#butirtasbih #sunnatullah 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Saat Lemparan Bola Memantul ke Arahmu "

Post a Comment